pramuka 2014

    Author: HIMMAT FKIP UNTAN Genre:
    Rating

    ringkasan kegiatan pramuka kelompok 2 mading

    Pontianak, 27-28 September 2014, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universistas Tanjung Pura mengadakan Kursus Orientasi Kpramukaan. Seluruh mahasiswa program studi Reguler A mengikuti kegiatan tersebut. Total ada sekitar 1000 mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan KOK tersebut dimulai pada jam 07.30 WIB dimulai dengan upacara pembukaan di direktorat UNTAN. Kegiatan tersebut terdiri dari beberapa materi, yaitu Orientasi Khusus, Pengembangan Sasaran Kursus, Dinamika Kelompok, sejarah Kepramukaan Dunia, Pengertian, Sifat dan Fungsi Kepramukaan, Sejarah Kepramukaan Indonesia, Visi Misi Gerakan Pramuka, AD/ART Gerakan Pramuka, Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan, Pengembangan Kecerdasaan SESOSIF, Sturuktur Organisasi Gerakan Pramuka, Gugus Depan dan Satuan Karya Pramuka dan Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka. Kegiatan tersebut ditutup pada tanggal 28 September 2014 dengan upacara di derektorat UNTAN. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut pun mendapatkan sertifikat sebagai tanda telah mengikuti kegiatan Kursus Orientasi Kepramukaan.
    Did u know?  PRAMUKA merupakan singkatan dari "Praja Muda Karana". Praja yang berarti bangsa, Muda berarti pemuda, Karana yang berarti berkarya. Jadi Pramuka adalah pemuda bangsa yang giat berkaya.
    Pendiri gerakan PRAMUKA sedunia adalah Lord Robert Baden Powell of Gilwell yang lahir tanggal 22 Februari 1857. Awal tahun 1908 Baden Powell menulis pengalamannya untuk latihan kepramukaan yang dirintisnya. Kemudian tulisnya dibukukan dengan judul "Scouting For Boys" keluarnya buku ini memicu munculnya organisasi kepramukaan untuk laki-laki "Boys Scout".
    Tahun 1912, bantuan adik Baden Powell, Agnes mendirikan kepramukaan untuk wanita dengan nama "Girl Guides" kemudian diteruskan oleh istri Baden Pawell.
    Kepramukaan terdapat 3 istilah:
    1. Gerakan Pramuka, nama organisasi dengan prinsip dasar dan metode pendidikan kepramukaan
    2. Pendidikan kepramukaan, nama kegiatan anggota gerakan pramuka
    3. Pramuka, anggota gerakan pramuka
    Anggota muda pramuka berada di gugus depan terdapat 4 peserta didik yaitu :
    1. Siaga, berusia 7-10 tahun
    2. Penggalang, berusia 11-15 tahun
    3. Penegak, berusia 16-20 tahun
    4. Pandega, berusia 21-25 tahun
    Pendidikan kepramukaan bertujuan untuk membangun kecerdasan "SESOSIF" yaitu:
    - Spiritual
    - Emosional
    - Sosial
    - Intelektual

    - Fisik (kinestetik)

    Mohon tinggalkan pesan,,demi kebaikan kegiatan Himmat yang akan dataang...terima kasih